Saturday, April 16, 2011

UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET DAN PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET


UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET DAN PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET

A. Pengertian Akses Kecepatan Internet dan Faktor-faktor yang                    Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

1. Pengertian Akses Kecepatan Internet
          Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan computer, kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melawati satu  media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalm bit perdetik ( bit perscond) dan di simbolkan dengan bit atau bps.
            Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah-istilah download, upload, downsteam dan usage. Mari kita bahas arti istilah-istilah tersebut:
  1. Download adalah kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah computer yang terhubung dalam sebuah jaringan computer local.
  2. Upload adalah kebaliakn proses download. Jadi upload dapat diartikan sebagai kegiatan menyalin data/file/aplikasi computer local ke internet (server).
  3. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 Kbps.
  4. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakuan upload dnegan kecepatan maksimum sampai dengan 65 Kbps.
2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
          Saat kita mengakses internet kadang terasa cepat dan kadang terase lambat. Banyak factor yang mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut. Koneksi internet menggunakan bayak perangkat dari menyedia  layanan yang berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah:
  1. unit computer
  2. modem
  3. jaringan komunikasi yang digunakan untuk mengakses internet
  4. besar Bandwidth
  5. jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar pengukuran akses internet kita akurat adalah:
  1. jika computer anda berada dalam suatu jaringan dan semua computer terhubung dengan internet, lebih baik pastikan computer yang lain tidak sedang melakuakan download atau upload dan lebih baik lagi dimatikan computer selain server.
  2. sebaiknya anda melakuakan koneksi internet pada PC router atau server saja jka tidak memungkinkan mematikan computer yang lain. Anda hanya tinggal menonaktifkan jairngan local.
  3. pastikan computer anda bersi dari gangguan virus, apam atau spyware.
Setelah hal-hal di atas sudah anda kerjakan, maka sekarang waktunya untuk melakuakan pengukuran kecepatan akses internet. Caranya adalah silakan buka web CJY-Net. Dengan menggunakan web ini anda dapat mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baiak itu akses via modem, leased line (astinet), ADSL, cble modem, dan laian-lain. Pengukuran dengan CJY_net relative lebih akurat karena menggunakan jaringan internal. Jika anda menggunakan modem 56 kbps, dan saluran telapon anda cukup bagus, maka kecapatan koneksi >40 kbps. Jika kecepatannya jauh di baeah nilai tersebut, mungkin driver modem yang anda pakai tidak cocok. Jika terjadi kesalahan selakan lakaukan refresh.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment